Rabu, 21 Mei 2014

Playoff Final Preview Part 3

Part 1 : http://obinhartono.blogspot.com/2014/05/playoff-final-preview-part-1.html

Part 2 : http://obinhartono.blogspot.com/2014/05/playoff-final-preview-part-2.html

Sampailah kita di bagian akhir preview final playoff musim 2013/2014.Di Wembley,2 tim akan berebut 1 tiket tersisa menuju EPL ,yaitu :

Derby County v QPR


Perjalanan mereka menuju final :

> Derby County

Musim mereka bisa dibilang baru dimulai di akhir bulan September 2013 saat Steve McClaren ditunjuk jadi manager menggantikan Nigel Clough ( anda tahu kan sekarang Nigel ada dimana ? ) ,debutnya dimulai saat Derby meraih seri yang luar biasa melawan Ipswich dengan skor 4-4.Setelah itu,7 kemenangan beruntun dan di bulan Desember mereka menerobos ke zona playoff serta mengintip promosi langsung.Akan tetapi, Burnley -lah yang menang dalam adu lari menuju EPL secara langsung.The Rams finis di peringkat 3 setelah musim yang luar biasa,tetapi mereka harus ke playoff untuk promosi.

Di semifinal playoff,Derby bertemu Brighton & Hove Albion.Mereka menang dengan agregat 6-2.

Semifinal playoff leg 1 dimainkan di Amex (08/05) ,tuan rumah ambil kendali permainan dan unggul lebih dahulu setelah Jesse Lingard cetak gol dari dalam kotak penalti manfaatkan terobosan Inigo Calderon.Tetapi,11 menit kemudian suporter di tribun terdiam setelah Chris Martin cetak gol dari titik putih setelah Craig Forsyth dijatuhkan oleh Matthew Upson.The Rams berbalik unggul sebelum babak pertama selesai setelah bola hasil tembakan Martin menghantam mistar gawang,kemudian menghantam punggung kiper Brighton,Tomasz Kuszczak lalu masuk ke gawangnya sendiri.Brighton berusaha samakan kedudukan,tetapi pemain Derby yang disiplin bisa menahan gelombang serangan dan pertahankan skor di angka 1-2 hingga pertandingan selesai.

Leg 2 semifinal di kandang Derby (11/05) ,tuan rumah langsung tancap gas setelah Will Hughes sambar masuk crossing dari Jamie Ward,1-0.Lagi Jamie Ward beri assist untuk rekan setim-nya,giliran Chris Martin tambah gol-nya di angka 25 musim ini.George Thorne cetak gol lewat tembakan yang spektakuler dari luar kotak penalti sebelum Jeff Hendrick jadikan skor 4-0.Kazenga Lua-Lua cetak gol penghibur buat Brighton yang 2 musim berturut-turut gagal di Playoff.Skor akhir 4-1.

> QPR

Tim EPL yang baru terdegradasi akan punya 3 jalan yang bisa dilewati.Yang pertama adalah langsung promosi kembali,yang kedua bertahan di Championship selama beberapa tahun,dan yang terakhir adalah langsung terjerembap lagi dan degradasi ke League One.Queens Park Rangers sepertinya mengambil jalan pertama dengan incar promosi kembali ke EPL setelah musim kemarin terdegradasi.Tim asuhan Harry Redknapp termasuk tim yang stabil di zona playoff lewat penampilan ciamiknya,tetapi di akhir musim mereka finis di peringkat 4 setelah Derby salip mereka di menit-menit akhir.

Arry on the run !

Playoff mereka menangi dengan agregat 2-1 atas sesama tim yang terdegradasi dari EPL musim lalu,Wigan Athletic.

Leg 1 semifinal di kandang Wigan (09/05) ,kedua tim sama sama gagal cetak gol sehingga skor berakhir 0-0.

Karena tanpa gol di pertandinagn pertama,Leg 2 semifinal di Loftus Road (12/05) menjanjkan pertandingan seru,dan itu terjadi.Bukannya tim tuan rumah yang unggul,Wigan cetak gol pembuka lewat James Perch memanfaatkan umpan James McClean.Akan tetapi,QPR akhirnya dapat membalas setelah Junior Hoilett dijatuhkan Gary Caldwell di kotak penalti.Charlie Austin berhasil eksekusi penalti itu dan skor 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir.Dan di extra-time,Austin jadi pahlawan dengan golnya selesaikan bola dari Bobby Zamora.Skor akhir 2-1 dan Wigan harus kubur kesempatan kedua ke Wembley setelah semifinal FA Cup musim ini.

Statistik kedua tim musim ini :

Derby County finis di peringkat 3 dengan 85 poin,berbeda 5 poin dari QPR yang finis peringkat 4.The Rams catatkan 25 kemenangan,10 seri,dan 11 kalah sedangkan The R's punya 23 kemenangan,11 seri,dan 12 kekalahan dari 46 pertandingan.

Walaupun finis peringkat 3,Derby merupakan tim terproduktif di Championship musim ini dengan 84 gol yang dicetak,berbanding QPR yang hanya cetak 60 gol musim ini.Walaupun kalah dalam produktivitas,QPR lebih baik dalam pertahanan dengan catatan kemasukan 44 gol berbanding 52 gool yang masuk ke gawang Derby.

Statistik pertemuan kedua tim :

Musim ini kedua tim bertemu dua kali di liga,dengan QPR dan Derby sama sama kantongi 1 kemengan atas rivalnya.

02 November 2013 ( Championship ) - QPR 2-1 Derby
10 Februari 2014 ( Championship ) - Derby 1-0 QPR

Player To Watch :

> Derby County

Top scorers mereka,Russell Martin ( 25 gol ) merupakan sumber gol yang harus diwaspadai lawan selain lini tengah yang diisi trio Will Hughes, Jeff Hendrick dan Craig Bryson.Dari lini pertahanan,saya tertarik dengan Lee Grant yang penampilannya ciamik di bawah mistar gawang selama playoff.Dari pergantian pemain,mereka punya Johnny Russell dan pemain on-loan dari Chelsea,Patrick Bamford yang bisa memberikan warna tersendiri saat tim buntu serta mencetak gol penting.

Bintang Inggris di masa depan ?
 > QPR

Penyakit QPR dalam hal mencetak gol musim lalu telah diobati lewat kedatangan Charlie Austin ( 20 gol ) dan lini tengah yang diisi nama tenar seperti Jermaine Jenas ,Joey Barton ,Shaun Wright-Phillips ,Yossi Benayoun ,tapi ada dua nama yang mencuri perhatian dan keduanya adalah pemain on loan,yaitu Ravel Morrison dari West Ham dan Tom Carroll dari Tottenham Hotspur.
Lini pertahanan mereka diisi pemain tua yang berpengalaman seperti kapten Clint Hill,Richard Dunne,dan kiper Robert Green.
Degradasi juga bisa memiliki makna positif bagi satu tim dan itu terjadi di QPR musim ini.Pemain-pemain bintang yang dibeli mereka tidak semua dilepas,akan tetapi dipertahankan dan disatukan oleh Redknapp sehingga menjadi tim yang mumpuni musim ini,tidak seperti kekacauan yang ditunjukan di EPL musim lalu.

Pembelian terbaik musim ini di QPR.
 Fun Facts :

> Sebelum cabut ke Derby,selama 3 bulan Steve McClaren menjadi staff kepelatihan di bawah Harry Redknapp musim ini.

> Tidak ada tim yang finis di peringkat 4 liga yang menang playoff setelah Charlton di musim 1997/1998.Sekarang waktunya untuk QPR ?

Prediksi :

Tiket terakhir promosi menurut gua kan jatuh ke tangan...dua duanya ( lah ? ).Kenapa ? Kedua tim punya peluang 50-50 di final dan daripada kita berprediksi,mari kita nikmati saja duel ini,karena ini adalah PLAYOFF.
"Kampret loe,tong !" teriak Steve sambil ketawa.
Demikianlah akhir dari preview playoff final dari tiga divisi FOOTBALL LEAGUE musim 2013/2014.
Sekarang mari kita nikmati pertandingannya !

PS :
untuk kritik dan saran serta diskusi,bisa dengan klik burung biru yang terbang kesana kemari atau tulis komentar di box.
Terimakasih banyak !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar